The Blog

December 21, 2020 0 Categories Internet, Tutorial

Konfigurasi mikrotik router via winbox untuk pemula

Sebelum kita lebih jauh membahas kofigurasi mikrotik router, ada baiknya kita ketahui dahulu apa itu mikrotik?. Mikrotik merupakan sistem operasi berupa perangkat lunak yang digunakan untuk menjadikan komputer sebagai router jaringan. Sistem operasi ini sangat cocok untuk keperluan administrasi jaringan komputer, misalnya untuk membangun sistem jaringan komputer skala kecil maupun besar.

Seiring perkembangan teknologi, mikrotik saat ini sudah tersedia dalam beragai jenis mulai dari Router Board, Router indoor, Outdoor, cloudcore (CCR) dan masih banyak lagi jenis yang lainnya, sehingga kita tidak perlu repot lagi untuk melakukan installasi OS mikrotik pada komputer atau pc.

Baca juga : Mengenal IP Address

Langkah pertama yang harus kita ketahui sebelum konfigurasi mikrotik adalah kita harus mengetahui pengetahuan mengenai IP Address. Untuk mempersingkat waktu, kita mulai mulai saja konfigurasinya. Pada tutorial kali ini kami akan gunakan mikrotik RB941-2nD hAP lite. dengan topologi seperti ini

  1. Download winbox terlebih dahulu disini
  2. Sediakan kabel Straight, colokan pada ether2 mikrotik disatu sisi dan LAN card pada sisi laptop/pc kita, kemudian buka Winbox, klik pada menu tab neighbors lihat klik mac addressnya karena IP addressnya masih kosong maka kita akan menggunakan MAC tersebut dengan user : admin pass: (kosong tanpa di isi) kemudian klik tobol connect.
  3. Setelah berhasil login lakukan reset pada menu system>reset configuration dan klik tombol reset configuration
  4. Masukan IP address Provider Internet 192.168.0.5/24 pada interface ether1
  5. Aktifkan Bridge agar dapat memberikan IP address yang sama pada LAN baik via kabel maupun wireless. Menu Bridge>bridge1>Apply>OK. Masukan IP Address 192.168.1.1/24 pada interface bridge1 lalu tambahkan interface ether2 dan wlan pada menu port
  6. Masukan Gateway pada menu IP>route
  7. Masukan DNS pada menu IP>DNS, kali ini kami gunakan Public DNS atau gunakan DNS dari provider anda.
  8. Sampai disini, seharusnya anda sudah konek internet, silahkan cek pada menu terminal dan lakukan ping ke arah gateway provider dan google untuk memastikan bahwa anda sudah terkoneksi internet.
  9. Buat Farwarding dengan fitur NAT agar LAN bisa terkoneksi dengan internet juga dengan cara IP>firewall>tab NAT> klik tombol + tab general pada chain scrnat > out interface pilih ether1. Lalu pindah ke tab action>pilih masqurade Apply dan OK. 
  10. Buat DHCP server agar ketika PC/laptop client ketika terhubung akan mendapatkan ip address secara otomatis. Caranya ke menu IP>DHCP Server>DHCP setup dan pilih interface bridge1 kemudian anda hanya ikuti petunjuk selanjutnya dengan klik next hingga finish.
  11. Setelah kabel sudah  terkoneksi dengan baik, maka selanjutnya kita aktifkan wireless dengan cara klik menu wireless, klik wlan dan klik ikon checklis untuk enable-kan. Ke tab Security>klik ikon + name : password dan pass : rahasia klik Apply dan OK.   
  12. Kembali ke menu wireless, menu wifi interface klik dua kali pada wlan1>tab wireless sesuaikan dengan gambar dibawah ini ( Mode : Ap bridge, Band : 2GHz-B/G/N, Chanel width : 20 MHz, Frequensi : 2412/auto, SSID : WIFI for everyone, security profile yang sudah kita buat : password)
  13. Silahkan lakukan pengecekan Wireless pada device anda baik laptop maupun handphone, cari SSID : WIFI for everyone dan masukan passwordnya : rahasia.

Demikian tutorial konfigurasi mikrotik kali ini, semoga bisa bermanfaat dan tuliskan komentar anda jika ada pertanyaan.

 

Terima kasih

IT-Solution.id
Yout trusted partner for IT Solution.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

× Ada yang dapat kami bantu?