The Blog

October 6, 2020 0

Tips Menentukan provider Internet untuk Perusahaan & Organisasi anda

Provider Internet

Sebelum menentukan jasa layanan internet atau provider internet yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda, tentu ada berbagai pertimbangan yang harus di perhitungkan sebelum anda akhirnya mempercayakan kepada jasa layanan internet tersebut dan berikut tipsnya :

  • Kecepatan Download dan Upload

Kecepatan download dan upload tentu menjadi alasan pertama yang perlu anda pertimbangkan, baik anda bisa lakukan dengan bertanya melaui rekan, searching via internet atau anda merasakannya sendiri melalui layanan trial terlebih dahulu dari provider internet yang anda yakini memiliki kecepatan download dan upload. Tentu ini menjadi hal yang sangat penting diera digital saat ini, dimana kecepatan download dan upload menjadi tolak ukur dalam menentukan provider internet agar mempercepat pekerjaan anda dan tentu saja bisa menghemat waktu dan biaya.

Kita sering terjebak dengan promosi dari provider dengan bahasa “Upto”. misal, “internet cepat upto 100Mbps“, padahal upto itu berarti sharing yang artinya adalah anda tidak akan menerima pure sebesar 100MB tetapi dibagi dengan seberapa banyak sharing atau client dalam satu network tersebut. Jadi, jika anda membutuhkan kecepatan yang murni dengan kebutuhan anda, pilihlah paket dedicated 1:1 Kecepatan koneksi yang diberikan oleh provider lebih terjamin yaitu sesuai dengan kontrak. Jika anda membeli kecepatan koneksi tertentu, misalnya 10 Mbps, untuk dipakai sendirian maka anda dijamin (secara relatif) mendapatkan kecepatan sebesar itu. Harga paketnya pun lebih mahal daripada paket internet up to dikarenakan kecepatannya lebih stabil.

Baca Juga : Apasih perbedaan antara Byte (B) dengan bit (b)

  • Harga yang terjangkau

Selain kecepatan, tentu kita harus mencari layanan internet dengan harga terjangkau, kenapa kami tidak sarankan dengan harga yang murah?, karena harga murah biasanya terdapat banyak sekali syarat dan ketentuan yang berlaku lalu kita terjebak dalam promosi harga murah sehingga kita mengabaikan mutu layanan tersebut. Bagi pengguna yang smart,  mutu dan layanan menjadi prioritas utama bukan lagi harga murah, tapi harga yang terjangkau.

 

  • Kredibilitas yang sudah teruji

Untuk mengetahui kredibilitas yang sudah teruji kita dapatkan informasinya, lagi-lagi via searching internet dan mengunjungi website juga media sosial official provider tersebut. dari situ kita bisa lihat siapa saja client yang sudah menjadi pengguna provider tersebut sehingga kita dapat menyimpulkan apakah provider tersebut sudah benar-benar teruji.

Baca juga : Mengenal IP Address

  • After Sales

Seberapa baguspun kecepatan ataupun kredibilatas sebuah provider internet jika after sales nya buruk, ini tentu menjadi masalah yang sangat besar di kemudian hari apabila tiba-tiba internet putus, susah dihubungi dan penanganannya yang sangat lambat. oleh sebab itu carilah provider yang bisa memberikan after sales yang baik, diantaranya support  24jam baik via telp, email dan juga live chat.

 

  • Garansi

Bukan hanya membeli produk fisik yang mendapatkan garansi, namun provider internet juga ada yang yang memberikan garansi atau SLA bahkan bisa memberikan SLA 100%.

Baca juga : Provider internet jaminan SLA 100%

Apa yang di maksud dengan SLA?

Secara garis besar Service Level Agreement atau SLA adalah kontrak antara penyedia layanan dan pelanggannya yang mendokumentasikan layanan apa yang akan disediakan oleh penyedia dan mendefinisikan standar layanan yang harus dipenuhi oleh penyedia. Dengan SLA kita mendapatkan jaminan atau garansi secara tertulis dalam kontrak beberapa layanan yang didapatkan konsumen termasuk juga jaminan SLA 100% uptime dan kewajiban provider untuk merealisasikannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

× Ada yang dapat kami bantu?